Alasan DBL Berani Pakai Indonesia Arena untuk Grand Final Seri Jakarta 2023

DEWATOGEL, Jakarta Kejutan besar dibuat kompetisi bola basket antar pelajar SMA, DBL (Development Basketball League) pada grand final seri Jakarta musim 2023. Partai puncak untuk putra dan putri dilangsungkan di Indonesia Arena yang merupakan venue Piala Dunia Bola Basket atau FIBA World Cup 2023.

Partai final akan berlangsung 17 November 2023 dengan mempertemukan SMA Bukit Sion dengan SMA Jubilee di sektor putra. Sedangkan untuk putri akan menghadirkan duel SMAN 70 dengan SMA Jubilee. Di kedua sektor akan terjadi ulangan final tahun lalu. Jubilee menjadi juara di putra tahun lalu, tapi kalah dari SMAN 70 di final putri.

Dimainkannya final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 seri DKI Jakarta di Indonesia Arena cukup mengejutkan. Pasalnya sejak FIBA World Cup 2023 selesai digelar belum ada event olahraga yang digelar disana. Indonesia Arena malah sempat dipakai untuk deklarasi calon presiden hingga beberapa acara perusahaan.

DBL punya pertimbangan sendiri berani membuat kejutan dengan menggelar final di Jakarta. Selain demi memotivasi para pemain pelajar, DBL ingin warisan Piala Dunia Bola Basket 2023 bisa lebih sering dipakai untuk acara olahraga.

“Kita akan mencatatkan sejarah untuk final DBL Jakarta di area termegah dan terindah ini. Kesempatan ini kita berikat kepada finalis DBL Jakarta 2023. Gedung ini impian semua pemain basket di Indonesia. Kami harus terima kasih kepada Menpora karena memberikan kami kesempatan mengadakan di sini,” ujar Direktur IBL Masany Audri.

DBL Buka Peluang Rutin di Indonesia Arena

“Langkah ini juga merupakan andil dan dukungan dari DBL agar gedung Indonesia Arena ini bisa dipakai untuk acara yang seharusnya yakni pertandingan olahraga. Yang pasti keinginan kami ini dukungan luar biasa pemerintah terhadap basket harus kita dukung kembali. Gimana gedung mewah yang diperuntukan untuk bola basket bisa sering dipakai oleh bola basket bukan acara lain di luar olahraga,” tutur Masany.

DBL juga tak menutup kemungkinan di edisi selanjutnya final seri Jakarta akan tetap dilangsungkan di Indonesia Arena. “Kenapa tidak. Setiap tahun jika dikasih kesempatan kenapa tidak. Keinginan itu selalu ada tapi ini kan bukan gedung milik kami.”

Kesiapan Tim-Tim Finalis DBL Jakarta 2023

Memainkan final DBL Jakarta di Indonesia Arena membuat para pemain kaget dan bangga. Mereka akan merasakan tampil dihadapan puluhan ribu penonton. Seluruh tiket yang dijual sudah ludes terjual. DBL hanya menjual 12.000 tiket dari total kapasitas 16.000. Pasalnya akan ada panggung besar untuk hiburan di salah satu sisi.

“Kita kaget banget. Kita kan level SMA. Siapa sih yang gak mau main di Indonesia Arena. Pas diumumkan kita langsung bertekad meraih tiket ke final dan kami berhasil. Kita sudah siapin mental untuk main dihadapan 12 ribu fans,” ujar kapten Bukit Sion Ryan Emmanuel Suwanta saat jumpa pers, Kamis (16/11/2023).

SMA Jubilee juga begitu antusias bisa merasakan main di venua Piala Dunia Bola Basket 2023. “Bagi Jubilee ini anugrah luar biasa untuk para pemain bisa main di sini dan akan merasakan atmosfer yg begitu gila nanti,” ucap Timothy Marvel Christiano selaku kapten tim